Rabu, 09 November 2011

Ditemukan 171 Kasus Cacing Hati Hewan Kurban

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hari Susmayanti

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO -
Selama pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Dinas Kelautan Perikanan  dan Peternakan (Diskepenak) Kabupaten Kulonprogo menemukan 171 kasus cacing hati dari 2552 ekor ternak yang disembelih di 12 kecamatan. Sebagian besar hewan ternak yang terjangkit penyakit cacing hati adalah sapi, sejumlah 160 ekor, dan kambing 11 ekor.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan Diskepenak Kulonprogo, drh Endang Purwadiningrum, kasus hewan kurban yang terjangkit cacing hati meningkat dari tahun lalu. Hal ini diduga dipengaruhi keengganan masyarakat melakukan pencegahan maupun pengobatan ternak memakai obat cacing.

 "Padahal cacing dapat dibasmi dengan memberikan pengobatan secara rutin menggunakan obat cacing," tegasnya, Selasa (8/11/2011), di Kulonprogo.

Endang berharap masyarakat lebih memperhatikan kesehatan ternaknya sehingga kasus cacing hati bisa ditekan, bahkan tidak terjadi lagi. Peningkatan kesehatan ternak bisa dilakukan dengan pemberian obat cacing secara rutin dua kali setahun. Selain itu juga memperhatikan kebersihan makanan hijauan, yaitu tidak basah dan dikeringkan dengan cahaya matahari supaya cacing-cacing yang menempel pada daun menjadi mati. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews