Rabu, 09 November 2011

Perawatan Kuda Menggunakan Cuka Sari Apel

"Cuka apel tidak hanya baik untuk kita,
ini produk alami untuk perawatan kuda juga!"

Bagaimana cuka sari apel digunakan untuk perawatan kuda? 
Karunia gizi yang ditemukan dalam cuka sari apel yang tidak dipasteurisasi tidak hanya baik bagi orang, sepenuhnya juga bermanfaat bagi kuda .

Berikut adalah beberapa cara umum penggunaan cuka apel untuk membantu kuda:
  1. Cuka sari apel sebagai suplemen nutrisi ditambahkan ke pakan dan air.
  2. Cuka sari apel membantu mencegah usus batu yang disebut enteroliths.
  3. Cuka sari apel sebagai pengusir lalat kuda yang alami.
  4. Cuka sari apel sebagai obat ringan untuk masalah kulit
  5. Cuka sari apel sebagai produk perawatan kuku kuda yang sangat baik
Perawatan Kuda – Supplement Air dan Pakan
Dr Jarvis, seorang dokter di negara Vermont Amerika Serikat yang mempopulerkan penggunaan cuka sari apel dalam bukunya Folk Medicine, menemukan bahwa kuda akan mengunyah kayu di kandangnya karena kayu mengandung kalium. 

Bereksperimen dengan anak sapi, ia menemukan bahwa mereka tidak akan mengunyah kayu pengikat mereka jika Cuka Sari Apel ditambahkan ke air minum mereka, karena cuka sari apel adalah sumber kalium yang mudah diserap dan mineral lainnya. 
Selain manfaat nutrisi , cuka membantu untuk memurnikan air minum dengan menghancurkan mikroorganisme berbahaya yang dapat berkembang di dalam air.
(Dua ribu tahun yang lalu tentara Romawi menambahkan cuka ke dalam air minum mereka untuk alasan yang sama!)

Untuk kuda, tingkat dosis yang dianjurkan bervariasi dari 1 cangkir (250 ml) cuka sari apel untuk setiap 50 galon (190 liter) air minum hingga sampai dengan 1 gelas (250ml) untuk setiap 6 galon (23 liter).

Sebuah tip yang biasa digunakan - untuk kuda-kuda yang tidak mau minum air di lokasi yang baru: tambahkan cuka sari apel untuk air di lokasi baru itu!

Untuk kuda yang sehat, gunakan 1/4 cup (60 ml) cuka sari apel yang tidak dipasteurisasi pada pakan konsentratnya tiap hari. Encerkan 50:50 cuka dengan air sebelum menambahkannya pada makanannya.
Karena kandungan kalium dan trace mineral, suplemen pakan sangat berharga bagi kuda betina dan memperlancar kelahiran dan juga bermanfaat untuk kuda tua dengan kesulitan pencernaan atau arthritis.

Di beberapa daerah, sebagian besar cuka sari apel murni tanpa penyaringan (unfiltered) dan tanpa pasteurisasi untuk kuda sangat sulit untuk ditemukan. Namun, cuka sari apel ini sekarang sudah tersedia secara online dengan harga yang sangat wajar. Anda dapat memesan cuka sari apel di sini.
Perawatan Kuda – Batu Usus
 
Batu usus yang disebut enteroliths, rentan terjadi pada kuda yang dapat menyebabkan penyumbatan yang memerlukan operasi yang mahal. 

Karena konsumsi cuka meningkatkan keasaman usus pada kuda, membantu mencegah dari pembentukan batu-batu menurut para peneliti hewan di Universitas California di Davis. 
Jumlah enteroliths kuda berkembang telah meningkat selama 10 tahun terakhir terutama di wilayah geografis tertentu seperti bagian barat daya Amerika Serikat, khususnya California. Selain itu, keturunan tertentu seperti Arab dan Morgans tampaknya lebih rentan terhadap enteroliths daripada yang lain.

Enteroliths
Penyebab Kolik Serius pada Kuda
 
Enteroliths berasal dari kata Yunani 'entero' berarti usus, dan 'Lith' yang berarti batu.
Ada banyak penyebab kolik, istilah umum untuk sakit perut, pada kuda tapi batu usus (enteroliths) adalah salah satu yang paling serius karena yang besar dapat menyebabkan penyumbatan fatal dan hanya dapat di obati melalui pembedahan. 
Batu-batu ini juga dapat menyebabkan kolik intermiten karena mereka dapat bergerak dan menghambat perjalanan berkala pakan melalui usus.

Analisis batu-batu ini menunjukkan bahwa mereka terdiri dari bahan kristal yang disebut struvite yang mengandung magnesium, amonium, dan fosfat.

Enteroliths terbentuk di sekitar benda asing kecil yang ditelan oleh kuda seperti kerikil, pasir, kayu, atau plastik, dan tumbuh seperti mutiara tumbuh di sekitar sebutir pasir pada tiram. Untuk terus tumbuh, enterolith membutuhkan pasokan magnesium, amonium, dan fosfat pada saluran pencernaan yang relatif alkaline (basa lemah).
Tindakan Pencegahan
 
Untuk membantu mencegah dari pembentukan enteroliths, peneliti di UC Davis School of Veterinary Medicine menunjukkan bahwa Anda:
  • Penurunan tingkat pH usus dengan menambahkan satu cangkir (250 ml) cuka sehari untuk diet kuda Anda. (cuka sari apel yang tidak dipasteurisasi cukup)
  • Menambahkan makanan konsentrat bubuk sementara mengurangi jerami juga akan menurunkan tingkat pH dalam usus besar.
  • Mengurangi atau menghilangkan dedak dari diet kuda Anda karena dedak menyediakan kandungan fosfor tinggi.
  • Ganti banyak alfalfa dalam diet kuda Anda dengan gandum atau jerami rumput. Alfalfa, terutama alfalfa dari California, mengandung jumlah magnesium dan protein yang tinggi. Jumlah amonium bebas yang berlebihan dapat dilepaskan dari pencernaan protein tinggi jerami seperti alfalfa. (Pada UC Davis ditemukan bahwa sebagian besar kuda dengan enteroliths memiliki diet jerami alfalfa 50%!)
  • Meningkatkan waktu makan menjadi tiga atau empat kali sehari karena ini akan meningkatkan pergerakan bahan pakan massal melalui saluran usus yang harus menyediakan sebuah lingkungan yang kurang menguntungkan bagi batu untuk mengeram dan tumbuh.
  • Hindari kurungan di kandang yang lama dan memberikan banyak latihan sehari-hari yang juga membantu meningkatkan gerakan pakan pada usus.
Untuk tempat tidur, gunakan jerami bukan serutan (grajen). Jerami ini akan menyediakan bahan serat tinggi yang rendah protein, magnesium, dan mineral fosfor.
 
Perawatan Kuda - Pengusir Lalat dan Serangga secara Alami
 
Manfaat lain dari pemberian makan kuda dengan cuka sari apel Anda adalah membuat kuda kurang menarik bagi lalat dan serangga. Beberapa ahli percaya bahwa keringat kuda mengeluarkan cuka sehingga menjadi pengusir lalat dan serangga yang alami pada kuda.
 
Gigitan serangga tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan kuda Anda gatal, mereka dapat mengakibatkan kulit terinfeksi bakteri dan jamur. Sehingga, beberapa jenis penyakit kulit biasanya disebabkan oleh sengatan atau gigitan serangga. 

Mereka dapat menyebabkan risiko kesehatan lainnya dengan menyebarkan penyakit seperti virus West Nile, virus encephalomyelitis dan anemia kuda yang menular. 
Jangan pernah menggunakan repellen/obat pengusir lalat yang mengandung DEET komersial pada kuda (atau binatang lainnya) karena dapat diserap atau dicerna oleh mereka dan menyebabkan efek samping beracun yang tidak diinginkan.

Bagi mereka yang memilih untuk tidak menggunakan insektisida untuk perawatan kuda, terutama pada anak kuda kurang dari 12 minggu, cobalah berikan cuka sari apel pada makanan kuda dan membuat sendiri obat pengusir lalat untuk kuda dengan menggunakan bahan dasar cuka alami yang dapat Anda gosokan atau semprotkan ke kulit kuda Anda sesuai kebutuhan:
  • 2 cangkir (500 ml) Cuka Sari Apel
  • 1 cangkir (250 ml) Air
  • 1 cangkir (250 ml) Avon Skin yang lembut (lotion untuk mandi)
  • 2 sdt. (10 ml) Eucalyptus Oil (atau minyak sereh)
Campur semua bahan baik dan simpan dalam botol semprot supaya mudah digunakan.
Sementara itu, Anda dapat mengurus semua lalat yang hinggap dan menggantung di area tertutup seperti kandang atau trailer transportasi, dengan menggunakan perangkap lalat berbahan cuka buatan Anda sendiri:
  • 3 cangkir (750 ml) Air
  • 1/4 gelas (60 ml) Cuka Sari Apel
  • 1/4 cangkir (60 gram) Gula
Larutkan gula dalam larutan cuka kemudian tempatkan dalam sebuah guci besar dan berlubang di tutupnya. Lalat akan masuk tetapi tidak akan dapat terbang keluar.
Untuk perlindungan yang lebih terhadap serangga dan lalat, mencoba untuk mengidentifikasi jenis serangga atau lalat kuda yang mengganggu Anda karena mereka semua memiliki pilihan tempat mereka sendiri untuk berkembang biak dan waktu makan seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah, kemudian gunakan tips perawatan kuda yang tepat untuk perlindungan lalat secara alami seperti yang tercantum pada tabel di bawah ini. 
 
Terbang Jenis
Tempat Kembang Biak
Waktu makan
Lalat hitam
Air mengalir
Pagi & sore
Lalat Rusa
Air & Vegetasi
Siang hari
Lalat Stabil
Kotoran kuda
Siang hari
Lalat Horn
Ternak
Siang hari
Nyamuk
Air
Senja hingga sore hari
Nyamuk
(Culicoides)
Berdiri air
Kotoran kuda
Vegetasi yang membusuk
Senja hingga fajar
Tips Perawatan Terbaik untuk Perlindungan Kuda terhadap Lalat Secara Alami
  • Hilangkan tempat perkembangbiakan serangga sebanyak mungkin.
    • Tutup tumpukan kotoran dan membuangnya sesering mungkin.
      • Bersihkan setiap hari dari kandang dan pengikat semua kotoran, jerami basah, dan limbah jerami kemudian dijadikan kompos di
        tumpukan tertutup.
    • Hilangkan genangan air di tempat-tempat seperti kaleng, ban bekas, dan bahan organik basah.
  • Pasang kipas angin pada kandang untuk mengganggu penerbangan serangga.
  • Pasang kasa halus di semua jendela. (60 Squares/in2)
  • Gunakan penutup lalat, topi, dan penutup kuda lainnya yang tidak memungkinkan lalat untuk mencapai kulit.
  • Biarkan surai dan ekor kuda Anda tumbuh sehingga ia akan memiliki kekuatan ekstra mendesir.
  • Jauhkan kuda dari genangan air.
  • Jika Anda tidak keberatan memiliki bebek Muscovy sekitar gudang, mereka akan mengusir lalat rumah dewasa lebih dari 30 kali lebih cepat daripada perangkat komersial yang paling efisien. 
Perawatan Kuda - Pengobatan Ringan untuk Penyakit Kulit
 
Kekuatan penuh cuka sari apel dapat digosok langsung ke kuda disekitar kulit yang terinfeksi kurap.
Kurap adalah infeksi kulit dan rambut oleh beberapa jenis jamur (bukan cacing).

Gosokkan secara menyeluruh dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari berturut-turut.. 
Kuda Perawatan - Perawatan Kuku Kuda 
Sariawan dan infeksi jamur pada kaki sangat dapat dikurangi dengan semprotan biasa atau rendam aplikasi cuka sari apel untuk telapak kaki kuda Anda. Dengan membuat area kuku lebih asam, jamur tidak lagi mampu tumbuh dengan baik di sana.
Larutan perendaman kuku kuda umum dapat dibuat dengan menambahkan 1/4 cup (60 ml) cuka sari apel untuk satu galon (3,8 liter) air.

Penggunaan cuka pada saat yang sama mempercepat penyembuhan dari setiap infeksi lain pada kaki atau memar pada kuda Anda yang mungkin ada

Selasa, 09 Agustus 2

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews