Rabu, 09 November 2011

Makhluk Berkaki 50, Predator Dasar Laut Kuno

SASKATCHEWAN, (PRLM).- Makhluk purba mirip kecoa kuno yang panjangnya hampir satu kaki panjangnya berjalan dengan cepat di sepanjang dasar laut dalam yang kini disebut Kanada, demikian terungkap dalam penemuan fosil baru.
Fosil, berusia 500 juta tahun ini, merupakan makhluk besar dasar laut yang memiliki sekurangnya 25 pasang kaki. Hewan itu kemungkinan arthropoda yang disebut Tegopelte, raksasa langka yang sangat jarang ditemukan memfosil. Arthropoda adalah invertebrata dengan kerangka luar, kelompok yang mencakup krustasea dan serangga masa kini.
Dari laporan penemuan,Selasa (8/11), dalam jurnal Proceeding of Royal Society B, peneliti yang dipimpin Nicholas Minter dari University of Saskatchewan, Kanada menunjukkan bahwa Tegopelte adalah predator yang menakutkan dan mampu bergerak cepat di dasar laut dengan hanya beberapa kaki yang menyentuh tanah pada saat yang sama.
Fosil-fosil baru, lima jejak kaki yang dibuat oleh arthropoda kuno ini, ditemukan di dua lokasi di Yoho National Park di British Columbia dalam formasi geologi yang disebut Burgess Shale. (Aya/A-147)***

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews